Hutan Mangrove Singkawang, Harta Karun Tersembunyi di Kalimantan Barat

Potensi wisata Singkawang akan terus digali, salah satu diantaranya adalah wisata Hutan Mangrove Singkawang yang merupakan harta karun tersembunyi di Kalimantan Barat.

RMOLKalbar. Hutan Mangrove atau dikenal juga dengan hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di air payau (campuran air laut dan air tawar), dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

Fungsi hutan mangrove itu sendiri berguna untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan dan meredam gelombang besar, termasuk tsunami.

Hutan Mangrove di Singkawang ini merupakan hasil jerih payah Kelompok Peduli Mangrove Surya Perdana Mandiri yang di pimpin oleh bapak Jumadi.

“Tak mudah untuk membuat hutan mangrove ini, karena ribuan mangrove yang ditanam di sini sudah berulangkali rusak karena abrasi atau adanya hama,” ungkapnya, Minggu (10/3).

Berkat kerja keras bapak Jumadi dalam membangun Hutan Mangrove di Singkawang ini. Sekitar tahun 2015 lalu pernah menjadi nominator kalpataru.

Tidak sulit untuk datang ke Hutan Mangrove Singkawang, karena hutan ini bisa ditempuh 15 menit perjalanan dari pusat kota Singkawang. 

Banyak aktivitas wisata di lokasi hutan Mangrove Singkawang ini, seperti Wisata hutan (berkemah, wisata alam, out bond, hunting foto, dan penelitian). Wisata air ( memancing). Konservasi (kegiatan penanam mangrove). Dapat juga menyusuri Hutan Mangrove dengan naik speedboat 

Adapun menuju ke atas tower yang tingginya 9 meter. Untuk menikmati pemandangan hutan mangrove dari atas tower ini dengan kapasitas hanya untuk 4-5 orang saja.

“Untuk memasuki kawasan hutan mangrove ini akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp2.000/orang,” lanjutnya.

Akses menuju Hutan Mangrove Singkawang lumayan sempit, jadi agak sulit jika menggunakan kendaraan roda empat.

Hutan Mangrove Singkawang terletak di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara, Singkawang, Kalimantan Barat.

Untuk menuju ke lokasi wisata hutan mangrove ini, sebelumnya harus melewati jembatan pelangi terlebih dahulu.

Di jembatan pelangi ini akan disuguhkan dengan pemandangan hijau dan indah di kanan, kirinya. [rah] 

Sumber: RMOLKalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares