Bevak Pintar: Taman Baca Anak Merauke

Oleh: Br. Yohanes Kedang, MTB

Pandemi Covid-19 menghentikan segala aktivitas kita di berbagai bidang kehidupan. Bidang pendidikan merupakan salah satu aktivitas belajar-mengajar guru dan anak-anak di sekolahpun terhentikan. Walaupun Covid-19 sangat berbahaya, Komisi JPIC Bruder MTB bidang Ekopastoral tidak tinggal diam. Anak-anak di Merauke, Papua perlu mendapat pendidikan dan pembinaan iman untuk masa depan. Selama Covid-19 anak-anak ini tidak mendapat pendidikan dan pembinaan. JPIC Bruder MTB bidang Ekopastoral, Br. Yohanes Kedang, MTB (Br. Joni) merasa prihatin dan mendorongnya melakukan sesuatu untuk anak-anak tersebut. Bagaimana sepak terjangnya dalam mengumpulkan anak-anak, mendirikan Bevak (pondok) Pintar, dan mengadakan kegiatan pendampingan, kita simak dalam tulisan ini.

Berawal dari Keprihatinan

Sejak awal Maret 2020, pandemi Covid-19 telah membawa perubahan di berbagai bidang kehidupan masyarakat. Salah satunya berdampak di bidang pendidikan. Pendidikan modal utama membekali anak-anak untuk masa depan. Dengan pendidikan anak-anak dapat mengembangkan potensi diri-pemekaran diri agar mereka memiliki ilmu pengetahuan, kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlat mulia, dan keterampilan. Namun, selama Covid-19 kegiatan pembelajaran, interaksi guru dan murid tidak dilaksanakan dengan baik (dihentikan). 

Selama Covid-19, teknologi digital menjadi pilihan untuk berinteraksi antarguru dan murid dalam pembelajaran. Sekolah-sekolah mengadakan pembelajaran melalui virtual, dengan bantuan internet dilakukan secara online atau dalam jaringan. Hal ini berlaku di kota-kota besar, sedangkan di Papua pada umumnya akses teknologi berupa jaringan internet masih terbatas dan khususnya di Merauke anak-anak tidak memiliki handphone (HP) Android. Keterbatasan ini menyebabkan pembelajaran selama Covid-19 tidak dilaksanakan sesuai dengan harapan pemerintah.

Melihat keprihatinan akan masalah pendidikan anak-anak di Kota Merauke tersebut, kami mengambil langkah alternatif untuk mendirikan Taman Baca atau Bevak Pintar. Bevak Pintar dimaksudkan agar anak-anak dapat belajar dan berinteraksi dengan para pengajar dan teman-temannya. Bevak Pintar merupakan sebuah wadah yang memberikan layanan bahan bacaan bagi anak-anak. Pelayanan ini dalam rangka mendorong dan menumbuhkembangkan anak agar gemar membaca dan belajar sepanjang hayat. Dengan semangat budaya literasi baca-tulis, anak-anak dapat mengembangkan pengetahuan, budi pekerti, dan keterampilan.

Kami mendirikan Bevak Pintar di enam tempat untuk membantu pendidikan anak-anak. Bevak Pintar ini dibangun untuk menjawab kebutuhan pendidikan anak-anak. Kondisi anak-anak yang apatis, tidak diperhatikan, kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang memadai terhadap pendidikan menjadi suatu keprihatinan akan masa depan anak-anak di Merauke. Selain itu, kurangnya buku-buku dan minimnya layanan literasi baca-tulis kepada anak-anak, dan minimnya pengetahuan iman-hidup menggereja yang memprihatinkan itu sebagai dasar kami mendirikan Bevak Pintar. Budaya literasi baca-tulis sangat penting bagi anak-anak di Merauke agar membuka cakrawala dan jendela dunia yang selama ini kurang dikenal dan diketahui oleh anak-anak di Merauke. 

Kami mendirikan Bevak Pintar dan mengadakan kegiatan litersi baca-tulis agar anak-anak lebih melek dan sadar akan pengetahuan dan informasi. Selain itu juga, kami mengadakan pembinaan iman anak-anak. Budaya literasi baca-tulis akan membentuk kepribadian dan membuka wawasan pengetahuan yang lebih baik bagi anak-anak. Buku-buku menjadi sumber belajar anak-anak. Dengan membaca buku, anak-anak akan memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas, sehingga dapat membedakan yang baik dan buruk. Di samping itu, membaca buku dapat membentuk kepribadian anak-anak jauh lebih baik dari sebelumnya dan membangun sebuah peradaban bagi mereka. Dalam hal ini, membaca buku dapat diartikan membaca untuk hidup. Artinya membaca buku agar anak-anak bisa hidup lebih baik, lebih arif, lebih mengerti tabiat sesama dan perkembangan dunia. Banyak manfaat yang didapat dari mendorong anak-anak membudayakan literasi baca-tulis. Gerakan dan kegiatan ini mendapat dukungan dari orang tua anak-anak dan program pemerintah setempat. Dukungan nyata dari mereka tersebut membuat keberadaan Bevak Pintar lebih kuat dan bermanfaat bagi masyarakat dan anak-anak, sehingga ikut meningkatkan kualitas anak-anak khususnya bidang pendidikan.

Membangun Bevak Pintar

Kami membangun Taman Baca-Bevak Pintar di enam lokasi. Pertama, di Jalan Pembangunan-Mopah Baru Merauke dengan nama Bevak Pintar Santa Elisabeth. kedua, di Jalan Arafura-Buti Merauke dengan nama Bevak Pintar Santa Theresia. Ketiga,  di Lepro-Merauke dengan nama Bevak Pintar Santo Stefanus-Lepro-Merauke. Keempat, di kampung Tambat-Merauke dengan nama Bevak Pintar Santo Fransiskus Assisi Kampung Tambat-Merauke. Kelima, di Kalidoi-Merauke dengan nama Bevak Pintar Santo Bonaventura-Kalidoi-Merauke. Keenam, di Kampung Sermayam satu-Merauke dengan nama Bevak Pintar Santo Dominikus-Kampung Sermayam Satu-Merauke.

Visi/Misi dan Tujuan

Taman Baca atau Bevak Pintar yang kami dirikan ini mempunyai visi dan misi dalam pelayanan pendidikan kepada anak-anak Merauke. Visinya, yakni pendidikan mencerdaskan anak-anak melalui budaya literasi baca-tulis dan memberi pembinaan spiritualitas (iman) yang baik. Sementara misinya, yaitu menyiapkan bahan pustaka untuk anak-anak dan semua disiplin ilmu pengetahuan dengan mengikuti perkembangan IPTEK; membangun peradaban manusia yang berpendidikan dengan berliterasi; mengembangkan budaya literasi anak-anak berbasis digital secara lokalitas dan kontekstual; dan mengembangkan pelayanan iman dengan pendampingan terus-menerus.

Adapun tujuan kami mendirikan Taman Baca atau Bevak Pintar, yaitu pertama, menumbuhkan minat dan gemar membaca-menulis bagi anak-anak Papua serta mengembangkan iman anak-anak sejak dini agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang negatif. Kedua, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk membaca bahan pustaka yang dapat membantu edukasi dan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan budi pekerti. Ketiga, membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampaun dan kreativitas yang dimilikinya, sehingga bermanfaat bagi sesama dan lingkungan sekitarnya.

Program Pelayanan

Setelah menetapkan visi-misi dan tujuan, kami merancang program-program pelayanan yang ada di Bevak Pintar. Program tersebut antara lain: 1) Bimbingan karakter dan budi pekerti lewat literasi baca-tulis, 2) Diskusi dan sosialisasi minat-gemar baca-tulis, 3) Bimbingan belajar matematika dan bahasa Inggris, 4) Pembinaan Iman, 5) Pelestarian budaya dan kearifan lokal. โšซ

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares